Tuesday 20 January 2009

Horoskop Sang Pembunuh Berantai (Serial)

serial ke-3 dari mang Ucup


Dalam sebuah iklan di Perancis mereka menawarkan kepada para pembacanya, konsultasi horoskop secara gratis, hanya dengan memberikan data-data mengenai waktu kelahirannya. Sebagai imbalan mereka akan dibuatkan profil lengkap mengenai watak/sifat/karakter dari pembacanya. Iklan ini ditanggapi oleh ratusan orang. Setiap pengirim mendapatkan jawaban lengkap mengenai profil personalianya masing-masing; berikut pertanyaan: "Berapa persen dari profil ini benar sesuai dengan kepribadian anda ?" Ternyata 94 persen menyatakan bahwa ramalan profil yang dibuat itu benar-benar jitu tulen. Hanya yang mereka tidak ketahui bahwa profil yang dibuat itu semua sama isinya dan merupakan hasil copy dari watak karakter seorang pembunuh berantai (serial) Marcel Petiot.

Kata horoskop diserap dari bahasa Yunani = „horoskopos" yang berarti melihat jam. Melalui jam waktu kelahiran seseorang bisa ditentukan selainnya lambang zodiac dari orang tersebut juga bisa diramal mengenai sifat kepribadian maupun jalan hidupnya dari orang itu.

Para ahli Astrologi menghitung ramalan mereka berdasarkan 9 (sembilan) planet yang seyogiyanya berpengaruh besar dalam kehidupan manusia, tetapi kenyataannya ini tidak benar, sebab tata surya kita hanya memiliki 8 (delapan) planet. Masalahnya sejak 24 Agustus 2006 Pluto telah disepakati dan dinyatakan secara resmi oleh Perhimpunan Astronomi Internasional (International Astronomical Union, IAU) bukan sebagai Planet lagi. Jadi pertanyaannya apakah ramalan perhitungan horoskop tsb masih benar ?

Prof. Peter Hartman dari Universitas Aarhus telah mengadakan penelitian terhadap 15.000 orang selama 40 tahun, apakah ada kaitannya antara nasib, karakter/watak seseorang dengan tanggal lahirnya ? Kenyataannya tidak ada sama sekali ! (Sumber: Majalah "Personality and Individual Differences")

Culver dan Ianna pakar dalam bidang Astronom telah mengadakan penelitian selama tiga tahun terhadap 3.000 ramalan yang dibuat oleh para Astologi kenamaan di seluruh dunia, ternyata ramalan mereka hanya delapan persen saja yang benar atau yang menjadi kenyataan.

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali orang percaya akan Horoskop. Berdasarkan jajak pendapat di Jerman saja, ternyata lebih dari 40% penduduknya percaya akan Horoskop. Disamping untuk honor untuk pembuatan profil horoskop itu tidaklah murah, tarifnya di Jerman sekitar Euro 500 (Rp 7,5 juta). Menurut persatuan para astrologi di Jerman, omset penghasilan mereka secara keseluruhan setiap tahunnya melebihi ratusan milyar Rp.

Kepercayaan ini bukannya digandrungi oleh orang awam saja, tetapi tokoh seperti Ronald Reagan, Boris Jelzin maupun mantan president Perancis Francois Mitterand percaya akan horoskop. Bahkan para ilmuwan seperti Nikolaus Kopernikus maupun Johannes Kepler mereka itu bukan saja sebagai sekedar Astronom melainkan juga sebagai Astrologi.

Maklum banyak sekali orang yang ingin mendapatkan bocoran mengenai nasib hidupnya di tahun 2009 mendatang ini, maka dari itu tidaklah heran apabila di setiap akhir dan awal tahun; buku yang paling laris adalah buku ramalan entah itu Horoskop maupun Shio. Entah untuk mencari jodoh, pekerjaan, kesembuhan maupun jabatan mereka selalu mencarinya di Horoskop terlebih dahulu.

Dalam psikologi ada istilah yang disebut Barnum efek atau Forer efek; dimana kita otomatis bisa menerima dan mempercayai pendapat seseorang, karena dari awal mulanya kita sudah terpengaruhi.
Misalnya apabila kita membeli buku ramalan berarti secara tidak langsung kita sudah terpengaruh dan percaya bahwa buku ramalan ini ada manfaatnya bagi kita oleh sebab itu untuk kelanjutannya kita akan percaya bahwa apa yang ditulis dibuku tersebut itu benar.

Dari semua ramalan itu hanya satu saja yang sudah dapat dipastikan; hokie besar di awal tahun ini pasti akan diraih oleh sang penulis dan penerbit dari buku itu sendiri, karena bukunya jadi laris.

Menulis buku ramalan ini sangat menyenangkan, sebab tidak akan ada orang yang ngambek ataupun minta ganti rugi apabila ramalannya meleset. Disamping itu dapat royalti cukup gede. Beda dengan mang Ucup nulis salah dikit saja langsung diomelin dan dipentungin oleh banyak orang.

Mang Ucup

No comments:

Post a Comment