Sunday 5 June 2011

Cara Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Korea

Cara Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Korea


Gencarnaya promosi Korea melalui budaya dan besarnya peluang bekerja di Korea membuat bahasa Korea semakin diminati untuk dipelajari di Indonesia. Namun, penunjang belajar, seperti program studi, buku-buku, dan kamus bahasa Korea belum seluas dan sebanyak bahasa Inggris. Hanya beberapa universitas di Indonesia yang membuka program studi bahasa Korea.



Mempelajari bahasa Korea dapat dikatakan gampang-gampang susah. Bagi mereka yang sudah hafal Hangeul dan sudah memahami karakteristik bahasa Korea, akan lebih mudah mempelajarinya. Namun, bagi para pemula yang belum bisa membaca dan menulis Hangeul, mungkin akan menemukan beberapa kendala, seperti pemahaman pola kalimatnya, kesan atau nuansa bahasa yang sulit ditemukan padanannya dalam bahasa Indonesia, dan penggunaan partikel-partikel yang pengertiannya berbeda dengan partikel dalam bahasa Indonesia.

Untuk itu, Ira Mutiara dan Kim Hyun Joo menyusun buku Cepat dan Mudah Menguasai Percakapan & Tata Bahasa Korea sebagai panduan belajar bahasa Korea, khususnya bagi pemula. Penyusunan buku ini telah disesuaikan dengan metode belajar yang tepat agar memperoleh hasil yang baik.

Pada bagian pertama, terdapat penjelasan mengenai huruf Korea (Hangeul) yang dibuat cukup detail, agar pembaca yang belum atau tidak mengenal huruf ini, diharapkan mampu memahami cara menggabungkan Hangeul. Pada bagian kedua, disajikan tata bahasa secara singkat, agar pembaca mendapat gambaran tata bahasa Korea secara umum.

Selanjutnya, di bagian akhir disajikan percakapan ringan yang digunakan sehari-hari dan dijelaskan pula pola kalimatnya agar pembaca dapat memahami kalimat, tidak sekadar menghapalkannya. Adapun penerjemahan dalam percakapan dilakukan mengacu pada tata bahasa Korea, sehingga pembaca akan mersakan sedikit kaku dalam penerjemahan ke dalam bahasa Indonesai. Hal ini dilakukan agar pembaca mengerti maksud yang sebenarnya dari sebuah kalimat dalam bahasa Korea. Agar lebih menarik, di akhir percakapan ditambahkan quotes dari drama-drama Korea yang terkenal.

Selain itu, buku terbitan RuangKata ini dilengkapi pula dengan CD audio yang berisi percapan bahasa Korea dari penutur asli yang akan membantu Anda berlatih pelafalan bahasa Korea dengan baik dan benar.

No comments:

Post a Comment