Sunday 5 June 2011

Pintar Percakapan Bahasa Arab dalam Berbagai Situasi

Pintar Percakapan Bahasa Arab dalam Berbagai Situasi

Bahasa Arab merupakan kunci utama pengetahuan. Jika bahasa ini telah dikuasai, berarti Anda telah memegang kunci jendela dunia dan agama. Pasalnya, sejuta pengetahuan, sejuta peradaban yang tercipta banyak bersumber dari bahasa Arab, terutama pengetahuan agama. Bahasa Arab juga merupakan salah satu bahasa resmi yang digunakan dalam pergaulan internasional.



Pergaulan di sini tidak hanya meliputi pertemuan-pertemuan resmi kenegaraan, tapi juga pada jalur pariwisata, perdagangan, migrasi, dan ketenagakerjaan. Kita tahu bahwa Indonesia merupakan salah satu negara terbesar pengirim tenaga kerja ke daerah Timur Tengah. Begitupula gelombang kunjungan ibadah umrah dan haji juga tidak pernah surut dari tahun ke tahun.

Kondisi ini tentu saja tuntutan untuk menguasai percakapan bahasa Arab sangat diperlukan. Tidak hanya untuk keperluan yang berhubungan dengan dunia penutur bahasa Arab, seperti Timur Tengah dan Afrika Afrika Utara, tapi juga untuk kepentingan penggalian literatur-literatur Islam. Kebutuhan dan urgensi ini di antaranya disebabkan oleh tiga faktor.

A. Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Qur`an. Untuk membaca dan memahaminya diperlukan pengetahuan tentang bahasa Arab, seperti bentuk-bentuk aspek hukum dan nilai-nilai yang terkandung di dalam-Nya.

B. Bahas Arab merupakan bahasa shalat. Seorang muslim yang menunaikan shalat pasti menggunakan bahasa Arab. Maka, bahasa ini berkaitan erat dengan rukun Islam yang pokok sehingga mempelajarinya bagi setiap muslim hukumnya wajib.

C. Kitab-kitab sumber ilmu Islam ditulis oleh para ulama dengan bahasa Arab. Karenanya, untuk mempelajarinya guna memperoleh pengetahun darinya diperlukan penguasaan bahasa Arab yang mencukupi, seperti kitab-kitab tafsir, fikih, sejarah, dan hadits.

Nah, buku Cepat dan Mudah Menguasai Tata Bahasa & Percakapan Bahasa Arab terbitan RuangKata ini menjadi pembuka bagi Anda dalam memahami bahasa Arab dalam bentuk yang sederhana. Buku yang disusun oleh Tarya Nurul Musthafa, S.Pd.I., dkk ini sangat berguna dalam pengajaran dan pengayaan percakapan, baik untuk pelajar, guru, calon TKI, pengusaha, maupun jamaah haji dan umrah.

Buku ini berisi tata bahasa Arab, ungkapan-ungkapan dalam bahasa Arab, percakpan sehari-hari dalam berbagai situasi, seperti perkenalan, keluarga, berlibur, menelepon, pekerjaan, kesehatan, di sekolah, serta pada waktu perjalanan haji dan umrah. Selain itu, dilengkapi pula dengan kumpulan kosakata fushah dan ‘amiyah (bahasa pasaran/pergaulan).

No comments:

Post a Comment