Sunday 5 June 2011

Teknik Cepat dan Mudah Menguasai 16 Tenses

Teknik Cepat dan Mudah Menguasai 16 Tenses


Tanpa menguasai tenses, sangat mustahil seseorang bisa berbicara atau belajar bahasa Inggris dengan baik dan benar. Tenses merupakan ilmu dasar dalam kaidah dan tata bahasa Inggris (grammar). Anda tidak dapat membedakan dan membuat struktur kalimat berdasarkan waktu, situasi, dan tujuannya tanpa menguasai tenses ini.

Dalam tata bahasa Inggris ada lima jenis kata, yaitu kata kerja (verb), kata sifat (adjective), kata benda (noun), kata keterangan (adverb), dan kata ganti orang (pronoun). Kelima jenis kata tersebut membedakan jenis kalimat yang akan dibuat, baik kalimat nominal maupun kalimat verbal.

Kalimat nominal merupakan kalimat yang predikatnya bukan kata kerja (non-verb). Predikat kalimat nominal perlu ditambah dengan to be, yaitu am/is/are untuk present form, was/were untuk past form, dan been untuk past participle form. Contoh kalimatnya, Mr. Hartono is genereus (Pak Hartono dermawan). Sedangkan kalimat verbal adalah kalimat yang predikatnya menggunakan kata kerja (verb). Contoh kalimatnya, we study in the classroom (kami belajar di kelas).

Selanjutnya, dua jenis kalimat di atas diatur melalui pembentukannya dengan empat kelompok tenses berdasarkan waktu terjadinya suatu kegiatan atau peristiwa, yaitu present forms, past forms, present future forms, dan past future forms. Empat kelompok tersebut diuraikan kembali menjadi 16 macam tenses.

Nah, keenam belas tenses tersebut yang akan dibahas secara praktis penjelasannya dalam buku Cepat dan Mudah Menggunakan 16 Tenses terbitan Ruang Kata ini. Konsepnya disusun lebih aplikatif, terutama dalam penggunaan 16 tenses ke dalam kalimat dan percakapan sehingga akan memudahkan pula dalam memahami logikanya.

Di dalam buku ini dibahas secara rinci, mulai dari pola dan struktur kalimat dalam bentuk verbal dan nominal, variasi contoh kalimat, baik positif, negatif, tanya, maupun negatif tanya, penggunaan 16 tenses dalam kalimat dan percakapan, latihan soal teori 16 tenses disetai kunci jawaban, hingga lis of regular dan irregular verb yang sering dipakai.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan poster 16 tenses sebagai bonus untuk Anda. Dengan poster ini, diharapkan Anda semakin terbantu dalam belajar tenses. Buku ini merupakan teknik yang tepat dan cepat dalam belajar 16 tenses.

No comments:

Post a Comment