ulasan pribadi maupun kumpulan artikel yang menarik dari internet sebgaia bahan referensi pribadi maupun pengunjung blog ini. Semoga bermanfaat .
Thursday 29 March 2012
Bootloop di Droid X
gara gara mount system setelah flash ROM MIUI ICS
langkah pertama untuk pertolongan Bootloop flash ke ROM Stock.
1. Via LINUX, file .iso keuntungannya injectan tdk akan lepas susahnya harus beli CD blank dan burn file .iso nya. untuk proses flash cukup mudah. tinggal masukkan file ROM yg sdh di burn ke CD ke CD Drive trus restart PC pilih menu reboot from CD Drive ( Tekan Esc/F8/F12 )
ntar akan langsung masuk ke sistem LInux untuk flash filenya. cara ini di klaim paling aman dan mudah
2. Flash dengan RSD Lite , aku pakai versi 4.5.6 , untuk versi dibawahnya sering eror
dan file .SBF yg akan di flash wajib taruh di root Drive C: PC anda, jika tdk akan eror juga.
keuntungannya gampang, habis donlot ROM langsung plesh jrengggggggggggggg cukup 5 menit.
kerugian : injectan lepas, jika anda punya back up inject no problema tinggal restore via qpst jika tdk welcome to the jungle .....
cara instan ya datang ke galery Operator dan ketemu CS nya minta di input kembali no kita.
runtutan untuk flash ke custom ROM:
1. pilih ROM yang Froyo ( restore injectan jika lepas) --> root ---> install CWM ---> update ke GB via Menu recovery . tekan power+home, kalo robot ijo dah keluar tekan tombol search. pilih menu update. file masukkan dulu ke SDCARD dan rename menjadi update.
2. Atau langsung flash ke GB, disarankan pilih yg versi .602 atau .605, saat ini blm disarankan ke .621 karena rootnya susah dan tdk bisa di downgrade lagi ke versi dibawahnya.
pilih .602 atau .605 karena untuk flash ke custom ROM yg GB minimal harus .602 jika tdk akan gagal.
Flash .602 --->restore injectan --->root, pilih yg PetesMotoroloaRoot Tools, sejauh ini yg paling manjur untuk rooting DX dgn GB. jgn lupa USB debugging di check.
kalo sudha silakan install CWM, dan mencoba custom ROM yang banyak nertebaran di internet.
yg terbaru tentu saja MIUI Versi 4 yg sudah Android 4 aka Ice cream.
* tutor ini berdasarkan pengalaman pribadi dna untuk tujuan pengingat diri sendiri, karena sering lupa jika tdk punya catatan :hammmer
jika bermanfaat untuk anda saya ucapkan terimakasih dan jika ada sesuatu dengan HP anda bukan tanggung jawab TS.
Wednesday 15 February 2012
Pungli bidang logistik di Indonesia
skrg mulai lagi posting berita/info dari milis.
Kali ini membahas macam macam pungli di sektor logistik di Indonesia
ada yang sebagian besar saya pernah merasakannya..
Pungli ibarat angin tidak nampak tapi sangat jelas terasa
berikut ini listnya yang di susun oleh Kang Deni :
1. mengurus perijinan usaha bidang transportasi, warehouse, kawasan industri, jasa kepabeanan
2. Mengurus lisensi, registrasi, & inspeksi, misalnya; kier kendaraan, pasti jadi fiktif, mobilnya di pakai narik penumpang/barang saat hari kier, pantesan mobil bus/truk remnya blong & tidak laik jalan lulus uji kier, bikin SIM tinggal nembak, anak di bawah umur & orang gila sekalipun bisa punya B2 Umum :)
3. Pungli damai di jalanan & lapangan, dengan oknum Polantas, oknum Dishub, oknum bea & Cukai, gak mau kasih pungli damai, urusan di persulit & di buat jadi masalah betulan
4. birokrasi yang berbelit2, dengan aturan yg tidak public friendly, di layani oleh PNS layanan publik yang arogan, agak2 gimana gitu kompetensinya, & ujung2nya minta duit, kalo mau prosedural urusan ikut2an di persulit bahkan sengaja dibuat salah
5. Permintaan hadiah/upeti khusus tahunan/bulanan kepada oknum aparat tertentu, mulai dari kelurahan, kecamatan, hingga instansi terkait
6. Permintaan pajak rutin bulanan kepada preman kampung, ormas komunitas, ormas kepemudaan, hingga ormas berbasis parpol, padahal ormas bukan petugas kantor pelayanan pajak
7. Pak Ogah/preman yang membuka bisnis belokan, pertigaan, perempatan, & kawasan berbayar, dengan tarif tertentu sekali lewat, padahal pak ogah bukan petugas jalan tol PT. Jasa Marga :)
Beberapa survei yang pernah di lakukan di Indonesia menyatakan, 7 hal di atas termasuk kategori hidden cost economy, menggerogoti korporasi di kisaran angka 20% - 30% dari total cost structure, bisa2 5 tahun lagi Indonesia tertinggal & kalah bersaing dari negara yang paling miskin sekalipun di dunia, kalau masalah pungli ini tidak dibenahi segera dengan setegas2nya.
Berani gak menolak atau bahkan mengatasinya?, apa mau ikut2an pening... :)
Salam,
Deni Danasenjaya
Friday 21 October 2011
Bus Transjakarta Meledak di SPBG
Kali ini saya akan membahas kasus meledaknya Bus Trans Jakarta yg menggunakan bahan bakar Gas.
**************************************************************************************************************************
Anes Saputra - detikNews
Jakarta - Blarr! Bak adegan film, bus TransJakarta melompat ketika tabung gas mesin bus tersebut meledak. Bus bahkan mengenai atap SPBG Pinangranti, Jakarta Timur. Kaca-kaca bus TransJ pecah berkeping-keping.
"Mobil sempat lompat. Lompatan bus cukup tinggi. Untung ada atap SPBG. Kalau tidak, bisa jadi lompatannya lebih tinggi," kata saksi mata yang merupakan sopir cadangan bus TransJ, Serdian (33), di SPBG Pinang Ranti, Jakarta Timur, Kamis (20/10/2011).
Akibat tersundul bus, atap SPBG tersebut mengalami kerusakan. Jarak atap bus TransJ dengan atap SPBG adalah sekitar 4 meter.
Informasi yang dikumpulkan detikcom, Kamis (20/10/2011), bus bernopol 7228 IV yang melayani Koridor IX (Pinang Ranti-Pluit) meledak sekitar pukul 08.35 WIB. Kaca bus bagian depan, samping dan belakang pecah berkeping-keping. Kepingan kaca berserakan sampai ke Halte Pinang Ranti yang berjarak sekitar 10-20 meter dari SPBG.
Pintu kanan bus single tersebut turut jebol akibat ledakan. Pun dengan atap bus yang mengalami kerusakan parah. Bus berwarna oranye dan merah itu hingga kini masih berada di lokasi. Sekeliling SPBG sudah dipasangi garis polisi. Beberapa polisi bersiaga di tempat tersebut.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Gani
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Yth Bpaka / Ibu ,
Menambahkan tentang Busway CNG ,
CNG = Compressed Natural Gas , dimana gas Methane yang dipampatkan oleh pompa kompressi hingga mencapai sekitar 300 bar sehingga diperlukan kekuatan material sarana penyimpan yang sangat kuat dan tidak rentan korosi .
Kekuatan tekanan sebesar 300 bar inilah yang harus menjadi perhatian utama bukan dari gasnya yang mungkin terbakar . Karena tekanan yang sangat tinggi sehingga kecil kemungkinan terjadi back fire oleh api yang terbakar ke arah tabungnya , ledakan yang sering terjadi akibat " fatigue material " , "korosi ( tidak dilakukan inspeksi " , " tidak terpasangnya katup pengaman tekanan ( burst disc valve ) " dan parahnya dilakukan pemanasan / pengelasan di sekitar tabung sehingga terjadi perubahan struktur / komposisi material dasar tabung tersebut " .
Trismawan Sanjaya
PT Sumisho Global Logistics Indonesia
Pak Widjajono yth,
Saya juga ucapkan selamat mengemban tugas baru. Semoga bersama Pak Jero
Wacik sukses mengelola kebijakan energy.
Satu urun rembuk perlu segera saya sampaikan berkenaan dengan pecahnya
(="meledak") tabung BBG di bus Transjakarta.
Peristiwa pecahnya tabung BBG (yang tekanan operasinya mencapai 200 bar =
3000 psi) sudah belasan kali terjadi. Kami di Departemen Mesin (sekarang
FTMD) sudah melakukan penyelidikan. Penyebab awalnya adalah gas alam yang
"basah", lama-lama proses kondensasi menyebabkan terjadinya "genangan" air
pada dasar tabung (posisi jam 6. Tabung yang terbuat dari high strength
steel terkorosi pada posisi tsb, bentuk korosinya pitting corrosion.
Corrosion pits merupakan lokasi awal fatigue crack yang selanjutnya merambat
(propagate) akibat siklus tekanan gas ("kosong-isi-kosong"). Fatigue crack
merambat hingga sekitar setengah tebal dinding dan saat itulah tabung
"meledak" karena tidak lagi kuat menahan beban tekanan>
Saran kami adalah gas yang dijual di SPBG harus dikeringkan (dengan dryer),
serta dengan mengganti tabung BBG yang telah terkorosi akibat air yang
menggenang didasar tabung. Nampaknya penggunaan gas dryer baru dilakukan
pada sebagian SPBG yang baru. Tabung yang terkorosi nampaknya belum ditarik
dari peredaran (nampaknya ada masalah dalam regulasi).
Usul lain yang mungkin "drastis" adalah selama syarat keselamatan belum
dipenuhi, stop dulu penggunaan BBG untuk kendaraan (yang notabene bertekanan
tinggi, 200 bar). Penggunaan gas alam yang bertekanan rendah pasti lebih
aman, misalnya untuk gas kota dan industri. Untuk ini memang diperlukan
prasarana pipa penyalurnya.
Penelitian dan penyelidikan terhadap pecahnya tabung gas kami lakukan
(Mardjono S.,Djoko Suharto, Arif Basuki dan Pulung Nurprasetyo dari FTMD)
sekitar sepuluh tahun yang lalu.
Demikian sekilas tentang hasil penelitian kami. Terima kasih atas perhatian
yang diberikan.
Salam,
Mardjono S
Salam Logistik.
Ikut urun rembug pak. setahu saya hal-hal yg terkait dengan High Tech... seperti Tabung gas pada kend. atau pipa-pipa gas utk industri, dlsb hrs dilakukan periodikal check misalnya dengan melakukan NDT utk mengetahui sejauhmana tingkat keretakan tabung/pipa itu masih dipandang aman. selain itu apakah ada jg log book maintenance kend. pengguna BBG itu terkait dengan pemeriksaan sistem distribusi aliran gasnya, dlsb. sehingga dpt dijadikan catatan tindakan atau memperbaharui standar pengamanan kend. itu sendiri. Memang perlu kedisiplinan tinggi bagi oersonil yg menangani atau terlibat dgn hal-hal yg terkait dengan penggunaan gas ini. terima kasih pak atas perhatiannya.
Yth: Bapak / Ibu ,
Setahu saya lembaga yang sudah memiliki alat uji hidrostatik test guna mengetahui kemampuan tabung CNG menahan tekanan kerjanya dapat dilakukan oleh LEMIGAS (Cipulir) dan secara periodik 6 bulanan harus di uji , serta memperoleh sertifikat pengujiannya . Perlu dipastikan lembaga uji di indonesia yang dapat melakukan uji berkala tersebut bila tidak ada akan terjadi lagi kecelakaan serupa .
Terima kasih
Trismawan Sanjaya
Mengurai Masalah Logistik Kita - Cikarang Dry Port
Kali ini akan saya posting rangkuman pembahasan tentang CDP ( Cikarang Dry Port)
sebagai alternatif pemecahan untuk percepatan proses dan mengurangi tingkat kemacetan di Tg. Priok.
Apa dan bagaimana kelanjutannya proigram yang bagus ini, mari kita simak diskusi di milis logic-id
**************************************************************************
Rekan-rekan sekalian,
- CDP harus melakukan kerja sama dengan 10 Shipping Line terbesar beserta dengan Depo Containernya dari 2.400 volume di Timur Jakarta setiap hari, Bersama dengan Asdeki, Depo container yang selama ini tersebar di di Cacing, Marunda, dan Priok bisa dipindahkan ke CDP.
- CDP harus memberikan space yang memadahi untuk pemindahan Depo – depo container ini, sehingga seluruh kegiatan yang selama ini terpusat di Cakung-Cilincing-Marunda-Priok bisa ditarik ke Cikarang.
Kita sangat hebat dan pandai berwacana dan berencana, namun tidak gigih dalam mewujudkannya. Cerdik pandai cepat menyerah dalam hal detail, dan sebagian besar berprilaku sebagai sekedar pekerja. Selain itu kreatifitas sering kalah dengan prosedur dan aturan yang notabene juga buatan kita sendiri. Memang prosedur dan aturan mutlak harus ada dan harus diikuti namun harus terbuka untuk perbaikan yang bersifat mendasar dan "Quick Response". Kambing hitam selalu dicari untuk melepaskan diri dari kelambanan / kegagalan yang kita perbuat sendiri, terlepas dari posisi dimana kita berperan dalam dunia hiruk-pikuk ini.
Sahabatmu Tejokusumo
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tapi dari fakta eksisting ritase dari truk paling sehari sekali akibat kemacetan ini. Ditambah dengan kondisi truk yang sudah uzur akan mempengaruhi kemampuan ritase. Sehingga dari sisi ini sepertinya truk lebih efektif untuk melaksanakan perangkutan rute jarak pendek misalnya dari pabrik ke Dry Port atau untuk pengangkutan dari sekitar Tanjung Priok seperti Marunda, Cakung, Cilincing atau bahkan Tangerang ke Tanjung PRiok (pp). Untuk jarak menengah dan jauh sudah pasti menggunakan KA karena lebih valuable...
Ada fakta menarik setelah kami mengikuti Pelatihan dengan World Bank. Ternyata dwelling time yang tinggi di CY Tanjung Priok itu disebabkan oleh availibility yang rendah atau ketidakberadaan truk. Nah ternyata kebergantungan dengan moda jalan ini telah berakibat banyak dari kemacetan hingga dwelling time yang tinggi di Tanjung Priok...
Sebenarnya dengan menempatkan truk sebagai feeder moda KA juga tidak merugikan pengusaha dan supir karena ritase meningkat, resiko berkurang dan juga (diprediksi) keuntungan bertambah. Selain itu produktivitas Tanjung Priok meningkat, kemacetan berkurang, resiko kecelakaan di jalan juga berkurang...
Bila potensi penghematan ekonomi atau intangible benefit diperhitungkan maka potensi penghematan akan terjadi atau dapat diperhitungkan dari penghematan BOK, Nilai Waktu, Pemeliharaan jalan, Resiko kecelakaan, peningkatan produktivitas Tanjung Priok. Plus mungkin juga kesehatan...
Sebenarnya tidak ada jalan lain selain traffic regulation...Tapi sekarang PT PELINDO II inves di jalan tol Cakung-Cilincing sehingga mungkin akan mempengaruhi keberpihakannya terhadap moda KA
Wallahualam bis showab
Assistant of Transport Research Group
Institute of Technology of Bandung (ITB)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Gani.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dear Pak Sugi dan temans,
Kebetulan saya ikut mengamati perkembangan dan permasalahan dry port dari dekat, jadi mungkin saya bisa tambahkan beberapa informasi. Langsung saja ke point mengapa CDP setelah 2 tahun BELUM berjalan sesuai dengan konsep dan masterplannya.
1. Berdasarkan pengalaman internasional, maka berfungsinya suatu dry port secara penuh akan memakan waktu..mungkin hingga 5 tahun. CDP baru mulai April 2011 dapat berfungsi penuh sebagai destination port yang berdiri sendiri.
2. Idealnya, semua importer akan merubah pilihan destination portnya dari Tanjung Priok ke Cikarang Dry Port (Location Code : ID-JBK). Ini mungkin perlu waktu karena sebagian dari importer atau exporter sudah ada kontrak yang menyebutkan Tanjung Priok sebagai Destination Port atau Origin Port, dan sebagian lagi dari importer/exporter mengambil sikap wait and see. Mudah-mudahan dengan mulainya beberapa importer dan exporter besar menggunakan dry port, akan meyakinkan perusahaan lain untuk mengikuti jejaknya
3. Pada tanggal 29 September lalu akhirnya NSW sudah on-line di CDP. Mudah-mudahan ini makin memudahkan proses import yang sebelumnya sudah cukup efisien (karena semua dibawah satu atap, fasilitas behandle juga modern, dan yang pasti tidak ada overbrengen disana).
4. Fasilitas Instalasi Karantina juga sudah tersedia disana dan mulai beroperasi, begitu juga dengan plug untuk reefer container juga sudah tersedia. Untuk importer yang harus melalui pemeriksaan karantina mungkin ini jadi kabar baik karena pemeriksaan dapat dilakukan dilokasi yang sama, tidak harus di bawa keluar TPS seperti yang terjadi di tanjung priok. Penghematannya sudah dapat dibayangkan.
5. Saat ini CDP belum bisa membantu kongesti yang terjadi di Tanjung Priok (untuk container yang saat ini ditujukan ke Tanjung priok) karena saat ini belum ada dasar hukum untuk memindahkan container keluar dari tanjung priok kecuali atas permohonan dari importer yang bersangkutan. Permohonan ini sendiri akan makan waktu dan harus memenuhi beberapa kriteria risk management dan lokasi.
6. Penggunaan kereta api dari Tanjung Priok ke Cikarang akan melalui jalur yang melewati beberapa lintasan sibuk di Jakarta. Menurut informasi saat ini baru bisa dialokasikan 4 trip @ 36 TEUS, yang berarti hanya 144 TEUS dari kebutuhan yang dihitung pak Sugi 2400 TEUS. Jadi kereta akan membantu sedikit, tidak banyak. Akses pintu tol yang langsung ke Jababeka saat ini masih in progress, rencana akan selesai tahun depan..jadi for the time being masih banyak mengandalkan truk. Walau begitu, dengan adanya Empty Container Depot dan Truck Depot di CDP maka traffic empty container dari cikarang ke tanjung priok dapat dikurangi secara signifikan.
7. Menurut hitungan, dengan menggunakan CDP maka industry dapat menurunkan total production cost karena import clearance dapat dilakukan lebih cepat dan lebih konsisten (sehingga menurunkan inventory raw materials), dan untuk export akan didapat extra production time karena cut off time pelayaran dihitung mulai dari CDP sehingga hemat 3 jam perjalanan Cikarang ke Tanjung Priok. Manfaat lebih lanjut akan datang bilamana Logistics Center yang sedang didevelop di CDP sudah mulai beroperasi.
Mudah-mudahan dalam beberapa bulan kedepan kita akan lihat semakin banyaknya container yang ditujukan ke ID-JBK.
Regards,
Wahyu
Wednesday 19 October 2011
Cara Memperbaiki Flash Disk yang Tidak Bisa Diformat dan Tidak Terdeteksi
sumber : Yoga Budhi Prawira on 28/02/2011
Terinspirasi dari teman saya yang flash disknya rusak, saya menulis artikel ini untuk memudahkan apabila anda mempunyai masalah yang sama tentang flash disk yang rusak. Pada awalnya flash ini dipinjam temannya ke warnet, tapi tiba-tiba komputernya reboot sendiri dan flash disk yang ditancapkan pun hanya terdeteksi removable disk selain itu juga ada perintah untuk memformat, namun tidak bisa diformat karena write protected. Akhirnya saya muter-muter cari di google akhirnya ketemu juga caranya. Memang banyak versinya, tapi ini adalah cara yang paling ampuh untuk menghidupkan kembali flash disk.
Nah, biar ga muter-muter, langsung saja ini caranya :
1. Pastikan flash disk masih bisa terdeteksi dan mungkin terbaca removable disk serta tidak bisa diformatRemovable Disk
2. Kita cari VID dan PID, alias ID Vendor dan ID Product flash disk kita dengan cara melihatnya lewat software usb viewer. Softwarenya bisa didownload disini.
3. VID dan PID dilihat di device connectednya, akan muncul Ox[PID] atau Ox[VID]Cari Device Connected
4.Lihat penjelasan ID Vendornya di http://www.linux-usb.org/usb.ids.
5.Lalu kunjungi website http://flashboot.ru/iflash.html
6.Isi data VID dan PID flash kita di kotak pencarian bertuliskan VID dan PID.Masukkan VID dan PID
7. Klik tombol di sampingnya (bahasa rusia, jadi gue ga tau)
8.Maka akan muncul daftar nama flash disk dan detailnya, cari yang sesuai dengan flash disk anda.Muncul hasil pencarian
9. Setelah itu, copy paste tulisan yang berada di kolom paling kanan, di baris yang sesuai dengan flash disk anda ke kotak search di kanan atas website itu.Copy paste di kotak search
10.Maka akan muncul software yang harus anda download
Muncul hasil pencarian
11. Klik pada hasil pencarian.
12.Untuk mendownload, klik tombol bagian bawah
13. Cara downloadnya klik tombol bawah artikel tersebut
14. Anda dibawa untuk memasukkan kode verifikasi Masukkan kode verifikasi
15.Isi dan tekan tombol, lalu software akan didownload
16.Ekstrak file, lalu buka software, seharusnya flash disk anda akan langsung terdeteksi
17.Klik start
18. Nah, tunggu beberapa saat sampai flash disk anda normal kembali.
Setiap tipe flash disk mempunyai software formatting masing-masing, jadi bisa saja kalau software tidak bisa digunakan oleh flash disk yang berbeda.
Selamat mencoba.
Friday 7 October 2011
Cara pengurusan Surat Ijin Pengusaha Angkutan (SIPA)
* UU No 14 Tahun 1992 Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan (Lembaran Negara Tahun 1992 No.75, Tambahan Lembaran Negara No.3436).
* UU No 34 Tahun 2000 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (Lembaran Negara Tahun 2000 No.246 Tambahan Lembaran Negara No.4048)
* PP 41 Tahun 1993 Tentang Angkutan Jalan (Lembaran Negara Tahun 1993 No 509 Tambahan Lembaran Negra No.3527).
* PP 42 Tahun 1993 Tentang Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan (Lembaraan Negara Tahun 1993 Nomor 60 Tambah Lembaran Negara No.2528.
* PP 43 Tahun 1993 Tentang Prasarana Dan Lalu Lintas Jalan ( Lembaragn Negara Tahun 1993 No 61 Tambahan Lembaran Negara No.3529).
* PP 44 Tahun 1993 Tentang Kendaraan Dan Pengemudi ( Lembaran Tahun 1993 Tambahan Lembaran Negara No.62 Lembaran Negara No.3530 ).
* Perda No 17 Tahun 2001 Tentang Retribusi Cetak Tulis (Lembaran Daerah Tahun 2001 No.51 ).
B. Persyaratan
* Photo copi indentitas kendaran bermotor / STNK
* Surat keterangan kendaraan bermotor yang menyatakan telah memenuhi persyaratan laik jalan.
* Persyaratan kesanggupan untuk menyediakan fasilitas penyimpanan kendaraan.
* Tanda pembayaran ijin usaha angkutan dan tanda pembayaran retribusi cetak tulis.
C. Prosedur Pelayanan
* Mengajukan permohonan sesuai persyaratan yang ditentukan.
* Membayar retribusi sesuai dengan berat Janis yang diperbolehkan.
* Diproses untuk pembuatan ijin usaha selama 4 hari.
* Pemohon menerima surat ijin usaha angkutan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.
D. Biaya
(tergantung dari Dishub setempat) /data dibawah ini sebagai contoh.
* JBB kurang dari 3500 kg adalah Rp.4500
* JBB 3500 kg s/d 8000 kg adalah Rp.7500
* JBB lebih dari 8000 kg adalah Rp.12.000
E. Waktu Penyelesaian
Proses penerbitan Izin paling lama 1 (satu) hari, dengan catatan persyaratan lengkap dan pejabat penentu kebijaksanaan berada di tempat.
F. Tempat Pengurusan
Dishub setempat.
Salam,
Dicky W
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Wednesday 5 October 2011
Bincang - Bincang tentang Kereta Api di negeri kita
Tapi kondisi KA di negeri kita memprihatinkan meski angkutan KA ini sudah sejak lama ada.
berikut petikan diskusi rekan rekan di milis Logic-ID
**********************************************************************
Kemarin saya berkunjung ke Kantor Pusat PT KAI dan diterima oleh beberapa pejabat setingkat VP, saya sempat menanyakan mengapa pengembangan KAI kok lambat, padahal sudah disubsidi Pemerintah, namun jawabannya cukup mengejutkan bahwa pemerintah cenderung untuk mengembangkan angkutan jalan raya ketimbang KAI, apa betul?. Kayanya menarik untuk dikaji, apalagi kalau pak Patria juga hadir.
Terimakasih,
Salam,
wayan
Yth : Pak Wayan menurut saya jawaban apa yang disampaikan teman2 PT KAI secara factual memang seperti itu, tetapi ada suatu kondisi dimana pimpinan PT KAI/pengambil keputusan di KAI memiliki kepercayaan diri yang berlebihan terhadap per usahaan sehingga kurang adap tif dengan lingkungan, kasus pembangunan tol Cikampek-Bandung tidak diantisipasi dgn baik, sehingga dampaknya sangat terasa bagi bisnis KAI baik sektor penumpang/barang dgn pengalaman tsb utk Tol ko ridor Cirebon-Cikampek PT KAI relatif lebih siap.
Info yg saya dapat bhw KAI melalui Ditjen Perkeretaapian memiliki sejum lah proyek2 pembangunan infra struktur jalan KA di Jawa, Sumatera, termasuk rencana KAI membangun kereta api di Bali untuk wisata. Tk@Patria
Dear Wakari,
Membaca tulisan anda, rasanya saya kurang sepakat dengan pernyataan pejabat PT. KAI tersebut, di kementerian perhubungan sudah ada masing2 Dirjen yg mengurusi masing2 moda, termasuk perkereta-apian juga sudah ada Dirjennya sendiri, seharusnya mereka dpt fokus dalam mengembangkan moda transport yang di bawah tanggungjawabnya.
Saya sendiri, skrg bekerja di PT. PELNI, cukup merasakan bahwa bukanlah pemerintah yg tdk concern, tapi jalur birokrasi yg memperlambat pengembangan moda transportnya.Regards,
Hana Suhardi
Dear pak Wakari,
Soal pembangunan rel kereta utk pengangkutan batubara, saya rasa itu masalah yg cukup komprehensif, dimana bukan hanya melibatkan pemerintah pusat sbg pemutus kebijakan infrastruktur transportasi nasional, tapi juga keterkaitannya dgn pemerintah daerah dan stakeholders lain. Seperti kita ketahui, moda transportasi darat jalan raya adalah moda yg paling mudah penanganannya dibanding moda lainnya, selain itu kita juga harus fikirkan dampak dari pengoptimalan rel ganda tsb, pasti organda atau persh trucking setempat akan menolak.
Hal tsb saya alami juga utk transportasi laut, di daerah kota baru kalimantan selatan.. Bahkan hal ini lebih menarik lagi, jangankan rel kereta, bahkan jalan rayanya pun belum diperhatikan maksimal. Terus bagaimana competitive advantage logistik kita bisa terwujud?Regards,
Hana Suhardi
KONCO2KU,
membaca kesimpulan2 ttg PT. KAI maka utk jelasnya masalah moda K.A. tak maju2 sedangkan K.A. Indonesia salah satu yg tertua di dunia (zaman belanda) telah ada di perkebunan2 + Dandels anyer - penarukan , kerja rodi & pengorbanan leluhur kita !
Banyak kepentingan2 Politik dan Business !! Jepang sangat tak mau memajukan moda K.A. krn mematikan business Otomotif nya , sebetulnya KAPAL - BARGES yg hrs dimajukan , sekarang ada China yg hrs kita adu dgn Jepang dlm INVESTASI sarana2 kedepan .
Moda K.A. adalah moda termurah di darat, Jepang sangat mengembangkan K.A. demikian juga China , terus membangun fasilitas REL K.A. tapi di Indonesia ? mati suri !!
kita banyak di dikte Jepang , mari kita sadar, mari generasi muda Indonesia berani maju & bangkit berbenah.
dlm hal otomotif saja banyak perlindungan utk Jepang dgn alasan proteksi industri Dalam Negeri dan Gani pernah berkata pd pejabat2 tinggi kita.... melindungi industri lokal ber LEBIH an !!! ingak ingak lah , kita MEMBODOHI bangsa !!
PT. KAI hanya sebentar maju & bangkit dlm era dirut. pak Anwar Supriadi saja, setelah itu tidur & mimpi2 saja .
Gani punya data2 lengkap ttg aset K.A. sayang dhilangkan teman.
Gani pernah masukin alat Multilift sewaktu pak anwar tapi di pegat LLAJ (dwi wahyono) alasan container hrs pakai design trailer , truk rigid telah dilarang, sedangkan truk Gani sudah 4 sumbu roda (awal thn 1987) secara MST tak melanggar !! sehingga alat tsb mubazir , pejabat belum meng hargai technology !! dan belum tahu arti & akibat nya bila tak memakai techn. jadi posisi kita sangat terkebelakangan di dunia, dampaknya sekarang bagi logistic .
Thn 1987 pamanku sofyan wanandi pernah tahu dan berbicara pd kami di gemala, bhw 86% devisa negara habis terpakai oleh import kendaraan...
bayangkan income Jepang dari market Indonesia s/d waktu ini masih monopoli oleh Jepang , merek2 mrk kelihatan bersaing tapi sebetulnya tidak, telah di atur oleh MITI Jepang, dan yg paling tahu ttg design2 apa ? dan siapa2 yg diberi bermain !! adalah kami di Gemala !! Gani adalah salah satu saksi sejarah perkembangan industri otomotif Indonesia krn promotor/founder berdirinya Gemala otomotif .
Gani pernah di undang oleh pejabat tinggi China yg bersedia membantu dlm investasi infrastruktur kita dlm jumlah yg sangat besar sekali melebihi cadangan devisa Nasional , tapi setelah berbicara dgn petinggi kita , utk masukan bantuan luar tak gampang kita telah di kontrol world bank , akhirnya bantuan tsb gagal masuk.
membaca email ttg PT. KAI , yg PENTING adalah JARAK , banyak jarak yg hrs diperhatikan yg memerlukan perthitungan BIAYA dan WAKTU ,SEMUA AKTIFITAS DEWASA INI berpikir ttg hal ini , bila barang maka perpindahan moda BIAYA .
Mencapai stasiun K.A. saja udah terbuang waktu dan biaya yg cukup besar akibat kemacetan2 di mana2 maka berdasarkan hal2 ini maka TIMBULAH BUS KECIL TRAVEL ( 7 - 11 penumpang) dgn jaminan 1 org saja tetap jalan !! luar biasa
tapi bila pengusaha CERMAT & kompak maka dpt singgah ke outlet2 yg ada penumpangnya hanya dlm 1 route perjalanan yg sama . Akhirnya terbaca KA Parahiyangan tutup, maka heboh lah kita semua, siapa yg salah ? bukan siapa2 hanya pengguna jasa sudah mikirin KECEPATAN , disekitar mrk berada/tinggal saja ada travel bus ,CEPAT , mudah, di total2 cost perjalanan murah (bila turun naik ojek/angkot,metro mini, bus kota etc.
dewasa ini di mana2 moda bus mini travel menguasai trspt jarak dekat - sedang , utk jarak jauh maka Bus besar masih Ok.
kembali ke Barang , turun naik barang BIAYA & RESIKO (rusak & hilang) maka diciptakan alat2 yg dpt memindahkan Container / body truk (bayangkan sebagai forklif)
atau ada juga DESIGN RAIL ROAD, moda trspt seperti trailer yg dpt di gendong diatas RAIL , sesampainya di stasiun yg dituju bisa dipisahkan lagi rangkaian nya dan dpt ditarik lagi oleh truck head , bisa kita bahas bila ikutin paparan ku ( Gani ) tgl 15/10 di Bandung (kontak pak setijadi) inilah selalu Gani berkata ttg pentingnya arti DESIGN dan MODA bagi logistic ,
sangat2 mampu nurunin cost dan percepatan waktu , tak ada lagi ongkos bongkar muat ber X X X , less risk , bila hal2 ini telah kita pikirin dan hargain maka tuntas lah masalah logistic memakai moda K.A. jauh lebih murah & lebih safety.
ada moda short sea shipping (container barges ) dgn pola memakai regulasi ASDP bukan perumpel krn domestic activity utk beberapa propinsi kita krn karunia alam SUNGAI , murah , cepat, sederhana .
demikian konco2 ku sedikit tangkapan gani ttg moda K.A. di Indonesia. dan sampai jumpa tgl 15/10 di Bandung pd paparan Gani , mari bersatu ber benah dan PASTI BISA , himbauan ku bangkitlah generasi muda bangsa ku , tunjukan kemampuan kita bersama membangun negeri tercinta , mari berbuat & mendukung program UNIT KERJA PRESIDEN , mari menjaga sarana JALAN sebagai aset termahal kita bersama dan demi kelancaran Logistic Nasional .
wass H Gani
Best regards,
Taro
Ocean Export Department
CV. Putra Sejahtera Mandiri
C/O PT. Uniair Indotama Cargo Semarang
Tel.:+62-24-3563373/75; Fax:+62-24-3520731
Mail to : cspsm1@putrasm.com
Skype:taro.netz